Senin, 03 September 2012

International Youth Day 2012


Halo mitra remaja,
Setelah cukup lama blog ini hening, sekarang saya mencoba untuk berbagi cerita tentang International Youth Day 2012 (IYD 2012). Setiap tahunnya IYD 2012 dirayakan pada tanggal 12 Agustus. Kenapa harus tanggal 12? Apa itu sebenarnya IYD? Nah, berikut ini adalah kutipan penjelasan IYD yang juga menjadi salah satu acuan dalam Press Release tanggal 11 Agustus 2012 kemarin bertempat di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung.

Sidang Umum PBB pada tanggal 17 Desember 1999 melalui resolusi 54/120, menyetujui rekomendasi yang dibuat pada saat World Conference of Ministers Responsible for Youth (Lisbon, 8-12 Agustus 1998) dimana akhirnya tanggal 12 Agustus dideklarasikan sebagai International Youth Day .
Sidang tersebut merekomendasikan untuk diselenggarakannya aktifitas publik untuk mendukung peringatan Hari Remaja Internasional ini setiap tahunnya sebagai bentuk promosi kepedulian yang lebih baik setelah World Programme of Action for Youth to the Year 2000 and Beyond, yang diadopsi oleh Sidang Umum PBB tahun 1995 (resolusi 50/81, 1995).
International Youth Day memberikan kesempatan untuk mengakui potensi remaja, untuk merayakan prestasi mereka dan merencanakan cara yang lebih positif  untuk melibatkan remaja untuk mengambil peran dalam pembangunan. Ini merupakan kesempatan yang luar biasa dan unik bagi semua stakeholders untuk secara bersama menjamin bahwa remaja menjadi bagian pembuatan keputusan di tingkat global, nasional, dan lokal.
Mitra Citra Remaja-PKBI Jawa Barat sebagai youth centre yang telah berdiri sejak tahun 1992 dan memiliki kesadaran serta kepedulian terhadap remaja. MCR menjadi satu–satunya organisasi remaja di Bandung yang merayakan International Youth Day pada setiap tahunnya sejak tahun 2003. Tema yang diangkat setiap tahunnya berbeda-beda mengadaptasi dari tema internasional yang di buat UNFPA (badan kependudukan PBB).
Saat ini para pemimpin dunia telah menyadari pentingnya peran dan partisipasi remaja untuk dunia. Remaja dengan jumlah banyak hampir 30% dari total populasi dunia ditambah potensi dan kretivitas yang tanpa batas menjadi modal utama untuk perkembangan dunia ke arah lebih baik. Oleh karenanya pada perayaan International Youth Day 2012, tema international yang diangkat adalah  Building a better world, partnering with youth

Wahh..ternyata MCR membanggakan sekali ya. Karena sampai saat ini masih menjadi satu-satunya organisasi remaja di Bandung yang merayakan IYD. *keprok-keprok*
Tema internasional yang diangkat adalah Building a Better World, Partnering With Youth. Sedangkan untuk tema MCR sendiri adalah Youth Moves On For Better Future. Karena menurut MCR sendiri, untuk dapat membangun dunia yang lebih baik para remaja atau pemuda, di Bandung khususnya, harus dapat memahami dirinya sendiri dan berani untuk melakukan perubahan dalam dirinya. Sekecil apapun itu.

Kegiatan yang MCR lakukan untuk merayakan IYD 2012 ini adalah youth campaign, youth changing project dan press release. Untuk kegiatan press release dilakukan di Gedung Indonesia Menggugat pada tanggal 11 Agustus 2012. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa jurnalis dari berbagai media di Indonesia dan media lokal Bandung. Antara lain adalah Kompas, Sindo, Suara Pembaruan, Radar Bandung, Pikiran Rakyat, Okezone(dot)com, Detikbandung(dot)com dan Bisnis-Jabar(dot)com. Sedangkan kegiatan youth campaign dan youth changing project dilakukan di MCR serta Car Free Day Dago. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 10 dan 12 Agustus. Tujuan dari youth campaign adalah untuk menyebarkanluaskan informasi mengenai IYD 2012. Youth Campaign yang dilakukan di MCR dihadiri oleh teman-teman youth networking, seperti Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja BKKBN, Palang Merah Remaja, klub motor FCMB, Kemapsibaraya (Keluarga Mahasiswa Psikologi Bandung Raya), Forum Ketua Osis Bandung dan Teater Senapati. Rame yaaa... Itu belum apa-apa karena pada hari minggu 12 Agustus 2012 para relawan MCR ‘turun’ ke jalan untuk melakukan kegiatan youth campaign dan youth changing project.

Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, ternyata tidak menyurutkan relawan dan remaja untuk berpartisipasi dalam youth changing project. Dalam kegiatan ini para remaja diminta untuk menuliskan perubahan apa yang sudah mereka lakukan ataupun yang ingin mereka lakukan. Mereka menuliskannya pada spanduk sepanjang 5 meter yang memang sudah disiapkan oleh relawan MCR. Selain diminta untuk menulis di spanduk, mereka juga mendapatkan informasi mengenai IYD itu sendiri. Dan mereka terlihat antusias lho. Karena relawan MCR memberikan informasinya dengan kreatif. Mereka membuat (semacam) portofolio dan membawanya sepanjang jalan car free day. Para relawan juga tidak segan-segan menghampiri remaja, bahkan ada salah seorang relawan yang berani menghadang pengendara sepeda, untuk ikut berpartisipasi dalam youth changing project ini. Selama dua jam (sejak pukul 07.00-09.00) berjalan sekeliling car free day, maka berakhir sudah kegiatan youth changing project dan juga seluruh rangkaian acara IYD 2012. Terima kasih ya untuk semua relawan dan remaja-remaja di Bandung. Tidak lupa terima kasih pula untuk para pihak yang sudah mendukung acara ini.


para relawan yang selalu membawa kemana-mana portofolio nya.
bahkan ada yang sambil naik sepeda juga :)


salah satu pesan yg ditulis oleh remaja


remaja-remaja yang antusias menulis perubahan mereka di spanduk :)


Sampai bertemu di International Youth Day tahun depan!!!!



Liris Kinasih
Youth Chapter Board


Tidak ada komentar: