Jumat, 27 April 2012

berbagi pengalaman


halo semuanya, perkenalkan nama saya Liris. saya adalah relawan MCR. saya diminta mengisi blog ini. karena bingung mau nulis apa, jadi saya mencoba berbagi pengalaman aja disini. semoga bisa memotivasi temen-temen yang baru bergabung bersama kami. :)
---

saya bergabung dengan MCR sejak tahun 2009. motivasi saya bergabung dengan MCR awalnya karena saya ingin punya kegiatan di luar kampus. nggak peduli deh kegiatannya apa yang penting di luar kampus. hehehe. terus, saya diajak sama Ipit buat bergabung. ya udah ikut daftar deh. nggak berharap apa-apa. diterima, alhamdulillah. ga diterima, ya udah. tapi singkat cerita, saya akhirnya diterima. awal jadi relawan MCR, saya masih suka bingung mau berkegiatan apa. nggak lama kemudian, saya diajak siaran di radio Paramuda. awalnya cuma observasi aja kayak gimana sih siaran itu. eh, ternyata seru. dan mulailah sering diajak siaran. awal tahun 2010, saya pun resmi jadi koordinator siaran radio. dulu, saya bukannya senang tapi malah bingung banget. saya belum punya pengalaman apa-apa di MCR eh sekarang malah disuruh ngurusin siaran radio. mengurusi siaran radio itu gampang-gampang susah. saya punya tanggung jawab untuk bikin materinya, menentukan orang yang harus siaran dan bikin laporannya. karena ilmu saya masih sedikit, jadi mau nggak mau saya harus belajarr dan mencari sendiri bahan-bahan untuk materi siaran. tapi, saya dibantu juga kok sama temen-temen relawan yang lain. tahun 2011, saya ditawari magang di MCR sebagai konselor. jadilah di sela-sela kuliah saya, saya menjadi konselor di MCR. pekerjaan saya sih nggak jauh-jauh dari yang namanya konseling. tapi paling sering saya menjawab sms dari temen-temen remaja. tugas saya sebagai koordinator siaran radio pun masih saya jalani. pengalaman yang saya dapet di MCR nggak cuma sebatas siaran radio atau konseling juga. tetapi juga sebagai pemateri acara talkshow di sekolah ataupun menjadi fasilitator.

selain itu semua, saya juga berkesempatan untuk bertemu orang-orang baru. mulai dari relawan MCR lainnya sampai teman-teman dari lsm lain. saya juga punya kesempatan berdiskusi dengan orang-orang yang juga concern terhadap masalah remaja seperti teman-teman dari lsm Kalyana Mandira, KPAI atau dari UNFPA. hem..tapi yang paling menyenangkan buat saya adalah ketika duduk-duduk santai di sofa hitam MCR. disini biasanya saya dan teman-teman relawan lainnya berkumpul. kita bisa ngobrol apapun di sofa hitam ini. mulai dari ngegosip sampai diskusi berat tentang homoseksualitas. senang aja rasanya bisa bertukar pikiran dengan teman-teman yang punya perbedaan karakter. hehehe.

pada tahun 2010, saya resmi diangkat sebagai wakil ketua II pengembangan remaja dalam kepengurusan PKBI Jawa Barat. awalnya, lagi-lagi saya bingung harus gimana. tapi setelah banyak ngobrol dengan pengurus dan juga teman-teman relawan PKBI, akhirnya mulai tahun ini saya mau mulai lebih mendalami lagi tugas saya sebagai pengurus. doakan saya ya! :D

semua yang saya dapat dari MCR bukanlah hal yang saya rencanakan pada awal saya bergabung. tapi yang penting menurut saya di MCR adalah kita mau menerima semua kesempatan yang diberikan selama kita mau berusaha dan belajar. motto saya adalah someone can't do everything but everyone can do something. jadi, jangan pernah takut untuk melakukan sesuatu. yakinlah kalau kita bisa. :)

buat, teman-teman yang baru bergabung: selamat bergabung dengan kami. *peluuk*

peace, love and rock n roll,

Liris Kinasih

Tidak ada komentar: