Senin, 23 April 2012

be your self !!


Ada seorang teman yang tiba-tiba berkata kepada saya: “Tolong dong, cariin jati diri”. Terdengar sedikit aneh, tetapi sebenarnya tidak aneh kalau kita memperhatikan tingkah laku para remaja sekarang ini. Berbagai macam gaya berpakaian, rokok, minuman keras, dan dugem menjadi gaya hidup remaja jaman sekarang.
          Masa remaja, menurut ciri-ciri perkembangan adalah saatnya individu mencari jati dirinya. Individu mengalami perkembangan fisik yang sangat pesat dari anak-anak menjadi remaja. perubahan fisik itu antara lain, tumbuhnya jakun, kumis, jenggot, dan wet dream bagi anak laki-laki. Tumbuhnya payudara, pinggul membesar, dan menstruasi bagi anak perempuan. Perubahan-perubahan fisik ini membuat anak merasa bahwa mereka sudah besar, sama seperti orang-orang dewasa di sekitar mereka, sehingga timbulah rasa ingin diakui dan diperlakukan secara dewasa.    Perkembangan fisik yang begitu pesat disertai pula dengan perkembangan pemikiran dan pertanyaan-pertangaan mengenai dirinya, seperti: Siapa saya? Apa yang akan saya lakukan? Apa tujuan hidup saya?. Pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang membuat remaja melakukan eksplorasi terhadap hidupnya. Dalam pencarian jati diri, remaja membutuhkan figur sebagai panutan. Figur itu bisa teman, kakak, orang tua, atau seleb.
Menjadi bagian dari suatu gank adalah salah satu cara remaja mencari figur. Remaja mencari orang-orang yang dianggapnya keren dan cocok dengan dirinya untuk dijadikan teman. Ketika remaja sudah belong to group, maka mereka cenderung melakukan segala hal yang dilakukan teman se-gang-nya. Remaja dengan perkembangan fisiknya disertai dengan perkembangan emosi dan sosial yang baik akan dapat memilah-milah mana yang baik untuk ditiru dan mana yang tidak baik. Sebaliknya remaja yang perkembangan emosi dan sosialnya kurang baik, sering melakukan hal-hal yang tidak baik untuk ditiru. Permasalahan-permasalahan remaja yang sering muncul diakibatkan oleh perkembangan emosi dan sosial yang kurang baik tadi.
To be somebody  bukan berarti harus to be like somebody tapi to be my self. Memang terdengar klise, tapi apa yang baik buat kita kita sendiri yang menentukan. So, be your self!!



-astin nursari

Tidak ada komentar: