Senin, 23 April 2012

Pelecehan Seksual


Pelecehan seksual memang bukan hal yang kita alami setiap hari, tapi hal ini sangat dekat dengan kehidupan kita. Pelecehan dapat dilakukan oleh siapa saja kepada siapa saja. Misalnya guru olahraga yang dengan alasan mengajar, memegang-megang bagian tubuh kita, seperti tangan, pinggang, bahu, dsb. Hal tersebut sudah dapat dikatakan sebagai pelecehan.

          Ketika pelecehan terjadi, terkadang orang-orang akan menyalahkan kaum cewek. Mereka bisa menganggap normal kalau cowok tergoda sama baju-baju seksi yang cewek pakai. Hal itu salah karena apapun yang kita pakai itu adalah hak kita dan tidak seorangpun punya hak melecehkan kita. Tapi walaupun baju apa yang akan kita pakai itu adalah hak kita, kita harus tahu tempat. Hendaknya kita memakai baju yang sesuai dengan keadaan atau acara yang berlangsung. Misalnya baju sekolah jangan ngetat dan roknya jangan pendek-pendek banget. Karena dengan memakai baju yang tepat adalah salah satu cara untuk menghindarkan diri dari pelecehan.
          Pelecehan seksual yang terjadi tidak selalu dilakukan dengan kontak fisik saja,. Pelecehan juga bisa dilakukan secara verbal, misalnya bersuit-suit atau memberikan komentar-komentar negatif tentang tubuh atau pakaian kita. Apabila kita menghadapi pelecehan verbal, yang perlu kita lakukan adalah mendiamkan dan berusaha meninggalkan orang-orang atau tempat tersebut.
          Seperti yang telah dikatakan tadi, pelecehan fisik dapat dilakukan oleh siapa saja, baik oleh orang asing maupun orang yang sudah kita kenal. Bisa jadi pelecehan dilakukan oleh orang yang memiliki hubungan dekat dengan kita, seperti ayah tiri, om, atau pacar kita sendiri. Ingat, ketika pacar kita melakukan seseuatu terhadap tubuh kita dan kita merasa tidak nyaman dengan perbuatannya, hal itu dapat dikatakan sebagai pelecehan. Pada intinya kita harus berani bilang tidak suka kepada siapapun mereka.
          Untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual, selalu bawa pepper spray (semprotan yang dapat membuat mata pedih) atau hair spray atau peluit (untuk menarik perhatian orang), karena bukan tidak mungkin pelecehan seksual dilakukan lebih jauh (perkosaan). Kalau kita mendapat ancaman pelecehan seksual atau hal itu sudah terjadi, segera laporkan pada orang dewasa, atau pihak yang berwenang seperti polisi atau satpam.


-astin nursari

Tidak ada komentar: